Membuat Nasi Tumpeng Kuning Spesial

Nasi Tumpeng adalah sajian masakan nusantara asli Made Indonesia yang selalu terselip dalam acara-acara resmi & sakral. Nasi Tumpeng adalah nasi yang dibentuk menyerupai caping yang dikelilingi oleh menu pelengkap seperti lauk dan sayur-sayuran. Nasi Tumpeng biasanya mempunyai warna kuning dan putih, akan tetapi kebanyakan orang membuat Nasi Tumpeng mempunyai warna kuning soalnya terlihat kian cantik & menarik. Pemotifan dari Nasi Tumpeng Asfar bukan daripada pewarna rekaan yang terjual di toko-toko roti atau bangunan, tapi menggunakan pewarna alami yaitu memakai kurkuma sebagai material pewarnanya.

Bentuk Nasi Tumpeng Kuning yang seperti caping memiliki ide sejarah yang sangat bermakna. Puncak atas Nasi Tumpeng biasanya pada tancapi lada merah merah alias sayur imut lainnya akan tetapi ada juga yang tidak ditancapi apa-apa sesuatu ini menyimpan makna kalau yang berada paling bagi adalah Yang Maha Kuasa atau Tuhan, sedangkan tubuh Nasi Tumpeng adalah para malaikat dan nabi-Nya yang bertugas melestarikan keselarasan oknum, serta potongan Tumpeng di paling lembah dan beberapa macam lauk pauknya adalah para umatnya yang memiliki bermacam-macam keanekaragaman sifat, sikap dan pemikiran yang berbeda-beda jadi menimbulkan banyak corak yang beragam, dan apabila disatukan dan nasi tumpeng 17 agustusan ditata secara rapi maka hendak terlihat sangat cantik, bumi akan terlihat sangat indah seperti Nasi Tumpeng Kuning yang penting.

Nasi Tumpeng Kuning sudah biasa menjadi tradisi yang melekat hisab masyarakat Indonesia sejak berabad-abad yang dulu oleh getah perca nenek moyang kita, hingga sekarang pelestarian tersebut masih dimanfaatkan oleh suku modern pada berbagai kalender resmi maupun sakral terutama sekarang padahal trend untuk ajang persabungan. Biasanya Nasi Tumpeng Asfar dijadikan serupa menu terpenting untuk kegiatan selamatan, syukuran, ulang tahun, dll.

Kira para ibu-ibu rumah tangga ataupun ibu-ibu yang aktif organisasi, bisa menciptakan Nasi Tumpeng Kuning seperti menjadi satu buah keharusan, karena jika tersedia acara resmi atau suci mereka merasa lebih lega dan kian hemat untuk membuatnya sendiri. Biasanya anak-anak juga super senang jika ada Nasi TUmpeng Kuning, apalagi kalau lauk pauknya terlihat super enak dan lezat beserta penataan Tumpeng yang teliti dan berlebih-lebihan tentu bakal sangat menggiurkan untuk disantap.

Cara Menghasilkan Nasi Tumpeng Kuning:

Cuci beras murni dan melukut ketan, rendam dengan sangkil air kunyit yang sudah biasa ditambah larutan. Air rendaman sebaiknya 1 ruas jari di atas permukaan beras. Rendam sepanjang 20 menit, tiriskan.



Didihkan air pada dandang, mongsang beras dan ketan asfar sampai separuh matang.

Rebus santan simpatik daun selamat dan garam, matikan kebakaran. Kemudian campur rata, masukkan beras putih dan melukut ketan yang sudah dikukus. Aduk rata sampai santan terserap.

Masak mencapai berbatas matang.



Sesudah matang, masukkan nasi asfar tersebut kedalam cetakan yang berbentung tirus seperti capil, tekan nasi hingga ciptaan terisi penuh, jatuhkan nasi diatas sepanjang zaman atau nampan yang berupa bentuk bundar besar, posisi menaruhnya ditengah dan kemudian angkat berdasar pada perlahan etiket tersebut. harap sangat berhati-hati.

Hias pinggiran Nasi Tumpeng Kuning secara macam-macam lauk pauk sampai Tumpeng tampil penuh dan sempurna.

Demikian Cara Menghasilkan dan Rumus Nasi Tumpeng Kuning yang istimewa. Engkau dapat menghiasnya sesuka hati beserta dilengkapi sambil berbagai lauk pauk diantaranya telur dadar yang di iris sedikit memanjang, mandung goreng, sambal goreng tempe, perkedel, sayur orak-arik, sambal dll sesuai selera anda.